English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 25 Juni 2011

TIK SMPN 1 DOLOPO

           Pada tahun 1997 SMP Negeri 1 Dolopo mendirikan sebuah Laboratorium yang berisi 20 komputer dengan menggunakan windows 98, yang berfungsi sebagai tempat belajar tentang ilmu teknologi, yang bernama Lab Komputer. Pada waktu itu pelajaran yang berisi tentang komputer adalah TIK. Kepanjangan dari TIK adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada waktu itu guru yang mengajar pelajaran TIK adalah Pak Yudi. “Saya adalah guru pertama yang mengajar TIK di SMP Negeri 1 Dolopo, dan sampai sekarang saya masih mengajar di SMP ini,” katanya.
            Walaupun Pak Yudi mengajar sejak tahun 1997 tapi dia masih kelihtan muda. Dan pada saat Lab Komputer pertama dibuka, siswa SMP Negeri 1 dolopo sangat antusias untuk belajar komputer. “Pada waktu pertama Lab dibuka anak-anak sangat antusias untuk belajar komputer, dan karena itu saya menjadi tambah semangat untuk mengajar tentang ilmu teknologi di SMP ini,” ujarnya.
            Pada tahun 2005 SMP Negeri 1 Dolopo mulai memunculkan prestasi dari murid-muridnya yaitu juara 1 komputer seluruh Kabupaten Madiun, dan itu prestasi satu-satunya yang diraih SMP Negeri 1 Dolopo dalam bidang pelajaran TIK sampai saat ini. “Prestasi yang diraih SMP Negeri 1 Dolopo sampai saat ini dalam bidang study TIK hanya satu kali, yaitu pada tahun 2005,” kata Pak Yudi. Hal itu disebabkan karena kurangnya dukungan dari sekolah atas kemajuan teknologi di SMP Negeri 1 Dolopo. Karena yang sangat diajukan dari SMP ini adalah pelajaran matematika, ipa, dan bahasa inggris.
            Pada tahun 2007 Lab Komputer di SMP Negeri 1 Dolopo ditambah 2, jadi jumlah Lab Komputer di SMP ini ada 3, dan windowsnya sudah windows XP. Sejak SMP ini Lab Komputernya ada 3, jadi guru TIKnya juga menjadi 3. Jumlah seluruh komputer sampai saat ini ada 70. Pak Yudi mengatakan “Pada tahun 2007 SMP ini menambah Lab komputernya menjadi 3 dan jumlahnya sampai saat ini ada 70 komputer.”
            Pada tahun berikutnya yaitu pada tahun 2008 SMP Negeri 1 Dolopo membuka kelas unggulan. Dan yang paling diunggulkan dari kelas unggulan adalah pada bidang study bahasa inggris dan TIK. Tapi sayangnya kelas unggulan belum memunculkan prestasi dalam bidang study TIK. Walaupun kelas unggulan sampai sekarang belum memunculkan prestasi dalam bidang study TIK, tapi pemahaman kelas unggulan dalam ilmu TIK sangat baik. Guru TIK yang bernama lengkap Nur Wahyudi itu mengatakan bahwa selera kelas unggulan dalam bidang study TIK sangat tinggi. Jadi kelas unggulan jika dibandingkan ilmu TIKnya dengan kelas biasa atau reguler pasti berbeda.
            Pada tahun 2009 SMP Negeri 1 Dolopo membuka hot spot. Hot spot adalah kawasan atau daerah yang bisa digunakan untuk internet tanpa membutuhkan modem atau alat untuk internet. Tapi sayangnya pada tahun 2010 hot spotnya dimatikan. Dan dinyalakan lagi pada akhir tahun 2010 sampai sekarang ini. Pada awal tahun 2011 windows yang semula XP, sekarang dirubah menjadi windows seven.        

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters